Wednesday, February 12, 2014

Pertanyaan yang Paling Sering ditanyain Soal Liburan ke Thailand

Sawasdee kaa!
Sekali-kali mau ngasih tips ah. Tiap baca-baca timeline akun yang ngebahas soal wisata ke Thailand, sering banget nemu pertanyaan "ada kendala bahasa ga disana?", "orang-orang Thailand bisa Bahasa Inggris ga?", "susah ga sih cari makanan halal disana?", "bancinya nyeremin ga?", "kalo nyasar gimana?" dsb. Wajar sih khawatir sama hal-hal itu, namanya juga di negara orang, apalagi kalo baru pertama kali kesana. Bakal gue jelasin satu per satu dengan sepenuh hati dan segenap jiwa-raga.

"Ada kendala bahasa ga disana?"
Ini nih pertanyaan pertama yang paling sering ditanyain orang-orang. Kendala berkomunikasi sama orang Thailand emang pasti ada aja, tapi masih dalam taraf wajar dan ga mengganggu sama sekali. Jangan takut buat ngomong pake Bahasa Inggris disana, meskipun bahasa itu bukan bahasa ibu mereka, sebagian besar warga Thailand bisa kok kalo cuma yang dasar-dasar aja, misalnya; nunjukkin jalan, ngasih tau harga, tawar-menawar, soal makanan, dsb. Ga usah khawatir, apalagi di Phuket, hampir kebanyakan penduduk asli yang tinggal di kawasan wisata, bisa berbahasa Inggris dengan cukup baik. Malah banyak juga yang bisa bahasa Melayu dan Indonesia.

"Orang Thailand bisa Bahasa Inggris ga?"
Ini lagi, ini lagi. Orang Indonesia yang ke Thailand, apalagi sih urusannya kalo bukan untuk liburan? Ada juga sih yang untuk keperluan bisnis, tapi disini gue cuma kasih tips dan pencerahan buat yang mau liburan aja ya. Jangan takut ngomong Bahasa Inggris, grammar kalian ngaco pun ga masalah, ga ada yang peduli dan ga akan ada yang ngoreksi. Orang Thailand super duper ramah. Berdasarkan pengalaman gue liburan di Phuket dan Bangkok, gue cuma satu kali ngalamin masalah gara-gara bahasa. Waktu itu kejadiannya di Central Festival Phuket Town kalo ga salah. Gue nanya ke satpam, jam berapa songtheaw berikutnya bakal dateng (pake bahasa Inggris ya), dia cuma senyam-senyum, planga-plongo, ditanya berkali-kali ga ada jawaban. Akhirnya gue tinggal aja doi. Nah, kalo udah kayak gitu, pake aja bahasa tubuh hahaha, biasanya manjur. Tapi jangan takut, Bahasa Inggris sangat dimengerti kok disana, yang dateng kan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Petugas hotel, pusat perbelanjaan (bahkan di pasar semacam Chatuchak), supir tuktuk/taksi/boat, pedagang makanan di sekitar kawasan hotel dan tempat wisata, dijamin bisa Bahasa Inggris. Jadi, ga ada lagi yang harus kalian khawatirkan soal Bahasa disana. Santai. :)

Pedagang oleh-oleh di Chatuchak Weekend Market
"Susah ga sih cari makanan halal disana?"
Penduduk Indonesia emang sebagian besar muslim, namanya muslim pasti pergi kemanapun yang dicari makanan halal. Meskipun di Thailand banyak banget makanan yang ada unsur porknya, ga terlalu sulit kok nemu makanan halal. Kalo yang kalian cari cuma sebates ayam, bebek, beef, seafood, ga akan terlalu sulit nemuin makanan berbahan itu dimanapun. Cuma, kalo kalian ragu, hewan-hewan kayak ayam, bebek dan sapi pas disembelih pake bismillah dulu atau engga, alternatif lainnya cari aja mesjid terdekat, biasanya di sekitar mesjid banyak pedagang muslim yang jual makanan dan ini inshaa Allah udah halal. Gue malah nemu tempat khusus jualan makanan halal di Chatuchak Weekend Market, namanya Saman Islam. Di Phuket juga banyak pedagang muslim di sepanjang Patong, akan lebih mudah nemuin makanan halal disana. Inget, tetep tanya sebelum pilih makanan, jangan-jangan makanan yang kalian pilih ternyata ada porknya. Yang paling penting, baca doa makan dulu ya sebelum makanannya masuk mulut.

Saman Islam di Chatuchak Weekend Market, inshaa Allah halal :)
Saman Islam, biar lebih jelas tempatnya :p
"Bancinya nyeremin ga?"
Pertanyaan ini biasanya dari cowok-cowok nih. Thailand emang terkenal banget sama lady boy. Selama disana pun gue nemuin banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk bangeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttt!!! Mulai dari yang bentukannya ala kadarnya, sampe yang cantik kayak cewek beneran. Apalagi di Bangla Road Phuket hahahaha. Tapi ga usah takut, ga semua lady boy tertarik keles sama kalian yang cowok-cowok hahahaha. Mereka kayaknya lebih demen sama White People daripada Asian. Jadi buat you you cowok Indonesia, ga usah kegeeran bakal digodain sama lady boy. Selama kalian sopan dan ga aneh-aneh, mereka juga ga akan sudi gangguin kalian. :p

Ada lady boy biasanya di sepanjang Bangla Road Patong, Phuket 
"Kalo nyasar gimana?"
Ini sebenernya cukup berhubungan nih sama poin pertanyaan soal bahasa. Menurut penilaian gue, papan penunjuk jalan di Thailand itu cukup banyak dan jelas, ditambah lagi mereka punya peta yang dipasang di beberapa sudut, apalagi tujuan lokasi wisata ya. Waktu itu gue nginep di daerah Prasumen Rd, deket Khaosan Rd. Lokasinya ga jauh dari The Grand Palace, gue dan temen-temen cuma ngandelin GPS di handphone buat menuju kesana waktu itu, sama sesekali tanya, buat mastiin kalo kami jalan di arah yang bener. Akhirnya sampe juga kok, ga pake nyasar kemana-mana. Udah gitu, di Thailand itu warganya sangat membantu, asal jangan nanya sama supir Tuktuk ya, bisa-bisa kalian malah disuruh naik Tuktuknya, bayar mahal, diajak muter-muter ke toko mas doang, scam paling populer di Bangkok tuh. Terus, kalo kalian perginya jalan kaki ke lokasi yang ga jauh dari tempat kalian nginep, coba tanya jalannya ke anak sekolah aja ya, mereka akan lebih bener ngasih jawaban, dan yang pasti kemampuan Bahasa Inggris mereka lebih baik lah dibanding sama tukang sapu ehehehe. Satu lagi, misalnya kalian mau jalan-jalan naik taksi, make sure taksinya nyalain argo. Kadang ada aja supir taksi nakal yang ga mau nyalain argo, karena tau kalo kita bukan warga asli Thailand. Kalo nemu supir kayak gitu mending langsung minta turun aja. Jadi ada baiknya sebelum masuk ke dalem taksi, tanya dulu "Meter?", kalo supirnya jawab "Yes", baru kalian naik.

Papan nama jalan kayak gini gampang banget kok ditemuin
Tuh kan banyak
Kalo masih bingung, tanya aja sama temen-temennya Nam, pake bahasa Inggris ya :))
Segitu dulu deh tips dari gue, semoga bisa membantu kalian menghilangkan ketakutan yang berlebih buat liburan ke Thailand. Jangan takut dan jangan kebanyakan mikir ini-itu, Thailand adalah tempat yang seru buat liburan, apalagi bareng temen-temen, ditambah dengan sistem transportasi yang sangat baik, jadi gampang kalo mau pergi keliling-keliling. Jangan lupa cobain naik boat di Chao Phrya ya!

Naik boat sepanjang sungai Chao Phraya
Laa-goon kaa!

No comments:

Post a Comment