Wednesday, October 2, 2013

Sawasdee kaa, Thai! Phuket to Bangkok (Day 3)

Yo!
Kali ini gue bakal nyeritain soal hari ketiga gue di Phuket, berarti itu kejadiannya pas tanggal 20 September 2013. Setelah istirahat cukup pasca tur ke Phi phi di hari sebelumnya, hari itu kami sengaja bangun agak siangan, biar badan bisa enakan. Ga banyak rencana buat hari ini, soalnya kami mau ke Bangkok sorenya. Jam 11 udah siap buat cari makan di sekitar hotel. Karena belom pernah dateng ke Patong Beach pas siang-siang, kita sengaja deh cari makan di pinggir pantai aja, biar pas selesai makan bisa main di pantai. Gue sih niatnya liburan ala ransel, tapi apa daya, buat urusan makan ternyata agak susah kalo mau ala kadarnya, padahal di Patong banyak kok makanan murah. Mau lebih murah lagi ya beli aja roti sama air mineral di 7-11, palingan cuma 12 baht.

Jam setengah 12an keluar lah dari kamar, kami izin dulu buat check out agak telat, mungkin sekitar jam 2 atau jam 3, ternyata dibolehin dan ga kena tambahan biaya apa-apa. Aseeekkk! Pokoknya Nirvana Hotel ini recommended banget deh sumpeeehh! Yaudah, jalan kan tuh ke arah Bangla Road. Ya ampun, Bangla Road yang kalo malem rame banget ini ternyata kalo siang sepiiiiiiiiiiii banget! Cuma beberapa bar aja yang buka, terus cewek-cewek yang mejeng di pinggir jalan juga cuma beberapa dan ga secantik kalo malem-malem. Wajar sih, Bangla Road kan pusat night life di Patong, jadi ramenya ya pas malem. Abis ngelewatin Bangla Road, jalan lurus terus sampai Patong Beach, dari situ telurusin aja trotoarnya, banyak banget resto yang harganya cukup terjangkau. Gue nemuin rambu buat jalur evakuasi kalo tiba-tiba ada ancaman tsunami. Seperti yang kalian tau, Phuket kena dampak yang cukup parah juga pas tsunami beberapa taun lalu, mungkin sama porak-porandanya kayak di Aceh. Setelah liat sana-sini, akhirnya kami milih buat makan di Pim Restaurant, disana ga cuma nyediain makanan khas Thailand, tapi juga ada Indian foodnya juga kalo ga salah. Halal, aman! :D Harga juga standar lah sama resto-resto di Indonesia. Gue pesen hainaan rice with chicken (kalo ga salah namanya itu), seporsi harganya 90 baht aja. Oh iya, gue hampir tiap hari bawa botol minum beserta airnya kemana-mana selama di Thai, biar gausah pesen minum lagi kalo makan di resto :p Rendy pesen Tom Yum Kung (ini enak banget, lebih enak dari yang gue cobain pas di Phi phi Don waktu itu), karena dia penasaran sama rasa beer Singha, dia pesen juga beernya sebotol. Uyung pesen American breakfast, isinya sandwich beserta daging-dagingan, ya selayaknya American breakfast di hotel lah.
Found this everywhere at Patong Beach
Mobil-mobil pick up itu biasa disebut tuktuk/taksi sama orang-orang sana, lucu ya :))
Tuh sepi banget kan Bangla Road kalo siang
Tsunami evacuation route at Patong Beach
Bus, jadi kalo orang Phuket nyuruh kita naik bus, jangan mikir bus itu kayak bus-bus di Indo ya :P
Patung McD di Thai semuanya begini, semacam nyapa sambil bilang "Sawasdee kub!"
Rendy's Tom Yum Kung
My Hainan Rice with Chicken
Ini nih beer merk Singha yang dipesen Rendy
Huaahhh, kenyang sudah, duduk dulu bentar biar perutnya enak, abis itu langsung nyebrang, sampe deh di Patong Beach. Pantainya emang ga bagus kayak Phi phi atau Khai, pasirnya juga seputih pantai-pantai sebelumnya, airnya juga ga biru. Tapi asik kok kalo cuma buat nongkrong sambil minum kelapa muda. Siang itu angin lagi agak kenceng, ombang juga gede-gede. Beberapa orang Thai yang kayaknya sih emang penduduk di sekitar Patong lagi asik surfing, lumayan, kan ombak lagi gede. Gue, Rendy, Uyung sih cuma duduk-duduk aja sambil foto-foto. Patong Beach ini plek-ketiplek deh kayaknya sama Kuta. Lagi-lagi disini banyak banget wisatawan asal Korea, mulai dari yang bocah-bocah sampe kakek-neneknya.

Beginilah Patong Beach
Seru ngeliatin orang ke tengah laut nunggu ombak buat surfing!
Sekitar jam 2an kami balik lagi ke hotel, jalan kaki aja. Gatau deh, gue ga ngerasa capek buat jalan kaki disana, malah asik. Mungkin gara-gara jalan kaki disana aman kali ya, trotoarnya lebar dan ga ada motor yang naik-naik ke trotoar. Sesampainya di hotel, gue milih buat mandi dulu, keringetan deh lumayan gara-gara jalan kaki. Selesai mandi langsung rapiin barang-barang lagi, inget, jangan sampe ada yang ketinggalan, apalagi passport sama boarding pass buat balik ke Indo nanti. Yakin barang bawaan udah masuk tas semua, kami turun deh ke lantai paling bawah. Pamit sama mbak-mbak resepsionisnya sekalian check out. Nah, gue masih belom ngerti nih harus naik apa ke terminal di Phuket Town, tanya dulu deh ke mbaknya biar aman. Dia bilang, kami harus jalan kaki dulu ke Patong Beach, dari sana naik bus ke Phuket Town (bus disini maksudnya truck yang tadi gue kasih liat fotonya ya). Waduh, agak ribet kalo harus jalan kaki ke pantai lagi, soalnya Rendy bawa koper gede banget kayak mau naik haji. Karena lagi-lagi, tekad kurang bulet nih buat backpackeran, kami mutusin buat ke terminal pake taksi aja (kali ini taksi beneran, tapi bukan taksi berargo, cuma mobil-mobil biasa yang dikasih stiker tulisan "taxi"). Taksi ini emang ga ada mesin argonya, jadi harganya langsung tembak aja. Awalnya supir nawarin 500 baht, dengan polosnya kami yang kurang informasi soal taksi ini malah langsung nawar 400 baht, kemahalaaaaaaan T_T Gagal sudah usaha menjadi backpacker sejati. Yasudahlah, berangkat kami akhirnya ke terminal. Perjalanan kurang lebih 45 menit ya. Ujan turun di tengah-tengah perjalanan, pas sampai di terminal pun masih ujan waktu itu. Buru-buru deh masuk, terus beli tiket. Kesan pertama pas masuk terminalnya, wahhhh...ini beneran terminal? Rapi dan bersih banget coy! Baru juga sampe pintu, mbak-mbak di loket langsung teriak-teriak "Bangkok na kaa, Krung Thep, Krung Thep, Bangkok kaaa!". Orang Thailand nyebut Bangkok tuh Krung Thep. Di loket itu ada tiga jasa travel yang nyediain bus ke Bangkok. Kami pilih tiket yang paling murah, 543 baht, udah termasuk snack sama dinner.
Ini ruang loket penjualan tiketnya
Loket-loket khusus jurusan Phuket-Bangkok
Kayak gini tiketnya
Bus tingkat ke Bangkok, nyaman banget!
Ini seats di lantai 2 busnya
Bus kami bakal berangkat jam setengah 5, mungkin sampai Bangkok harusnya jam 6 pagi. Sore itu masih juga ujan, bismillah aja mudah-mudahan perjalanan sampai Bangkok aman dan nyaman. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 12 jam ya. Ritual wajib sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau bus adalah buang air kecil. Toilet umum di Thai jarang banget yang gratis (kecuali di mall), rata-rata harus bayar 2-5 baht, tapi waktu itu di Khai malah sampe 20 baht. Pret! Mahal bener! Setengah 5 kurang dikit, kami naik ke bus, ternyata masih kosong, mungkin penumpang lain naik dari terminal-terminal lain di luar Phuket Town kali ya. Nah, FYI aja, di Patong juga banyak agen-agen yang nawarin tiket Phuket-Bangkok, tapi mending jangan beli disana deh. Kenapa? Konon katanya, kalo beli disana nanti dapet busnya yang jelek, dan pindah-pindah bus. Cari aman aja, beli langsung ke terminal. Tepat jam setengah 5, bus mulai jalan keluar terminal. I can't wait any longer to arrive in Bangkok! See you really soon, Bangkok! Whoaaa!
Ada juga motor tumpang 3 di Thailand :))