Wednesday, October 9, 2013

Sawasdee kaa, Thai! Bangkok - Shopping time (Day 5)

Haiiiiiiii!
Sawasdee!
Puas datengin landmarknya Bangkok, jadwal hari ini (waktu itu hari Minggu, 22 September 2013) cuma cari oleh-oleh. Asiikkk belanja! Tempat pertama yang bakal kami datengin tak lain dan tak bukan, CHATUCHAK WEEKEND MARKET! Kenapa pake capslock? Iya doooong, Chatuchak Weekend Market ini konon katanya adalah pasar terbesar se-Asia Tenggara. Katanya, kalo kalian ga nemuin barang yang kalian cari disana, kemungkinan besar barang itu emang ga ada di Thailand. Segitunya kah? Daripada penasaran dan batin terus bertanya, ada baiknya gue buktiin sendiri. Itulah kenapa wajib banget dateng ke pasar yang satu ini. Perlu diinget ya, Chatuchak Weekend Market ini cuma buka Sabtu sama Minggu, kan namanya aja weekend market :))

Jam 8 pagi kami keluar hotel, cari sarapan dulu biar kuat jalan kaki muter-muter Chatuchak :p Ambil arah Khaosan, di pertigaan sebelum pertigaan Khaosan ada tuh yang jual nasi sama ayam atau bebek, mirip-mirip sama Hainaan Rice yang gue makan di Patong waktu itu, cuma ini jauh lebih murah, 40 baht aja! Bikin kenyang!

Ini dia ibu penjual nasi ayam atau nasi bebeknya
Kenyang deh abis sarapan, kami lanjut jalan kaki ke arah Khaosan, mau cari Tuktuk. Ga lengkap rasanya ke Bangkok kalo ga nyobain naik Tuktuk yang super melegenda itu. FYI, naik Tuktuk bisa jadi lebih mahal daripada naik taksi meter, tapi kalo niatnya cuma mau nyobain aja sih oke laahhh. Asal selama di Bangkok ga keseringan aja pake alat transportasi yang mirip bajaj itu. Satu Tuktuk bisa muat sampe 4 penumpang. Aturan yang paling penting kalo mau naik Tuktuk adalah "nawar", karena biasanya supir Tuktuk bakal matok harga yang lumayan mahal. Kalo kita iya iya aja, biasanya mereka juga bakal ngajak kita buat city tour ke beberapa Wat sama toko emas atau perak gitu. Kalo ga mau, bilang aja minta dianter langsung ke tempat tujuan, jangan mampir-mampir. Nah, dari Khaosan kami bakal naik Tuktuk ke stasiun MRT di Hua Lampong. Awalnya supir Tuktuk ngasih harga 300 baht. Hih, no way! Itu sih kemahalan, setelah tawar-menawar, harganya turun jadi 120 baht dan ga pake mampir sana-sini dulu.

Pertigaan Khaosan Road
Naik Tuktuk Khaosan - Hua Lampong 120 baht bertiga
Ternyata Khaosan ke Hua Lampong ga jauh-jauh banget, kayaknya 20 menitan deh. Seru juga naik Tuktuk, plek-ketiplek sama bajaj, ya ngebutnya, ngepotnya, salip sana-sininya, belok sesuka hatinya. Berasa naik wahana Alap-alap di Dufan. Ga sih, itu lebay. Seru lah pokoknya. Langsung masuk kan tuh ke stasiunnya, kalo mau naik MRT ke Chatuchak Weekend Market, jalan aja ke stasiun bawah tanahnya. Beli tiketnya pake mesin, ga sekonvensional di Indonesia. Iyeehh gausah ditanya lagi itu sih. Beli aja tiket sampe ke Stasiun Kamphaeng Phet, 40 baht perorang. Ga perlu nunggu lama, MRTnya langsung dateng. Beda bener ya sama Commuter Line di Indonesia. Haduh ya iyalah, pake dibahas. Gue suka deh sama suara informasi yang ngasih tau stasiun selanjutnya apa, aksennya tuh terngiang-ngiang banget di kuping, apalagi pas ngomong "Next Station: Silom". It was really something ahahahaha. Sesampainya di Kamphaeng Phet, langsung keluar aja, nanti tau-tau tembusnya di mall, tepat di samping Chatuchak Weekend Market. Yes, belanjaaaa!

Chatuchak Clock Tower
Suasananya kurang lebih kayak gini
Oleh-oleh khas Thailand
Saman Islam, tempat makan halal yang ada di Chatuchak
Menurut gue, Chatuchak ini emang beneran luas banget! LUAS BANGET! Jadi kalo kalian nemu barang yang lucu, mending langsung berjuang nawar buat dapet harga yang pantes, soalnya kalo kalian mikirnya "ntar deh balik lagi, coba cari dulu kali aja nemu yang lebih murah", niscaya sekalinya ga nemu yang lebih murah dan pengen balik ke tempat sebelumnya, ga bakal ketemu deh itu tempatnya, saking segitu luasnya Chatuchak. Serius deh ini ga lebay. Barang-barang yang ada di Chatuchak sih sebagian besar sama kayak yang gue temuin di Asiatique kemaren, cuma disini harganya murah dan masih bisa ditawar. Kaos oblong "I love Bangkok" dijual mulai 50 baht aja! HAH 50 BAHT? Iya, serius! Cocok buat oleh-oleh. Kalo kaos ala distro harganya mulai dari 150 baht sampai 250, itu kualitasnya udah bagus banget loh. Beli lebih dari satu bisa dapet diskon ga? Bisa banget! Gantungan kunci gajah atau Tuktuk satu set isi lima biji mulai dari 80 baht. Dompet kecil buat naro koin satu set isi 3-4 mulai dari 100 baht. Pajangan dari batu bentuk gajah atau budha yang ukurannya cukup besar harganya mulai dari 100 baht juga. Kalo pajangan Tuktuk besar harganya 100-150 baht. Tas-tas yang lucu gitu juga sekitar 150 baht. Duh bisa kalap deh kalo lama-lama disini. Pas lagi asik milih-milih kaos di Thai Line, persis di samping Saman Islam, tiba-tiba kami disamperin sama cowok, ternyata dia orang Indonesia juga, dari Padang, namanya Bonie.

Belanja bareng Bonie
Lumayan deh belanja muter-muter disini, jam 12 siang kami pisah sama Bonie, dia milih pulang ke hotel naik bis kota, gue, Rendy, Uyung mau naik MRT lagi sampe ke Hua Lampong. Muka udah kucel banget, dari Hua Lampong naik taksi meter ke hotel, ongkosnya 65 baht aja, lebih murah daripada naik Tuktuk. Sampe di hotel, kami cari makan siang dulu di gerobak-gerobak depan hotel situ. Ada tuh satu gerobak yang jual kayak nasi rames. Jangan lupa ya pastiin kalo yang mau kalian makan itu ga mengandung babi (buat yang muslim). Gue lupa harganya berapa, yang jelas murah banget, kurang lebih harganya sama kayak pas sarapan tadi. Selesai makan siang, naik deh ke hotel, naro belanjaan, terus siap-siap buat lanjut jalan lagi. Tempat selanjutnya mau ke Platinum Mall. Oleh-oleh yang mau gue beli sih udah dapet semua, jadi mungkin di Platinum ga bakal beli apa-apa.

Platinum Fashion Mall
Gue ga banyak ambil foto pas di Platinum, rame banget waktu itu. Tapi tempatnya sih mirip lah sama ITC, jual baju-baju grosir sama eceran. Produknya juga ga jauh beda sama di Chatuchak tadi. Selama muter-muter disana, sering banget gue papasan sama orang Indonesia. Katanya sih banyak online shop Indonesia yang belanja disini. Kalo diperhatiin, trend fashion di Bangkok juga lagi ala-ala Korea, cuma selangkah lebih maju daripada Indonesia. Bagus-bagus pokoknya. Baju-baju sama celana murah disana kalo udah sampe Indonesia pasti harganya jadi mahal, ya wajar sih kan ongkos ke Bangkoknya lumayan juga cuy :)) Sebenernya kalo udah sampe sini tanggung banget kalo ga ke Pratunam yang ada tepat di sebrang Platinum, cuma kemaren gue ga mampir kesana. Dari Platinum, kami langsung naik taksi ke Terminal 21. Mau ngapain ke Terminal 21? Ini bukan terminal yang isinya bis kok, mall juga, cuma konsepnya kayak bandara gitu katanya. Tiap lantai beda kota, ada Paris, Istanbul, London, Tokyo, San Fransisco, Hollywood, sama apalagi ya? Lupa, pokoknya keren! Disana ada Taokaenoi Land juga lhooo! Huaaa senangnya, harganya juga lebih murah.

Terminal 21 tampak depan
Nih tiap lantai beda-beda kotanya
Taokaenoi Land!
Lagi-lagi, barang-barang yang dijual di Terminal 21 sama aja kayak di Asiatique, Chatuchak dan Platinum, tapi disini lebih mahal. Selain itu di Terminal 21 juga ada store-store dari brand yang udah terkenal di dunia. Ada satu yang menarik di Terminal 21, apa coba? Toiletnya ahahahaha. Di Indonesia juga ada sih toilet begini, tapi entah dimana dan mall apa. Kurang kerjaan sih sebenernya, tapi gapapalah. Share informasi yang cukup penting bagi umat manusia loh ini :D


Toiletnya berbakti banget nih sama penggunanya
Ga kerasa udah jam 10 malem aja, selesai sudah belanja-belanja hari ini, waktunya pulang ke hotel. Tapiiiiii, sebelum pulang ke hotel, kami mau mampir ke Khaosan dulu, mau tau kayak apa disana kalo malem-malem. Dan ada satu hal yang pengen banget gue cobain di Bangkok. Apa coba? Iya, serangga-serangga yang digoreng kering itu. Penasaran banget! Ongkos dari Terminal 21 ke Khaosan 85 baht aja. Jam setengah 11an sampe di Khaosan, langsung cari-cari gerobak yang jual serangga goreng itu. Akhirnya nemu, beli deh jangkrik seporsi 50 baht. Tapi jangkriknya lebih gede daripada yang pernah gue liat sebelumnya. Mau tau rasanya gimana? Sebenernya rasanya enak kok, gurih banget, ga bau sama sekali. Sumpah deh enak. Selain jangkrik, ada juga kalajengking, tarantula, belalang, berbagai jenis ulat, kumbang, dan serangga lainnya. Sayang aja Rendy sama Uyung ga mau nyobain, jadi gue abisin sendiri. Ga lama sampe Khaosan, tiba-tiba ujan. Tapi ga lama sih. Ada backpacker Indonesia lagi yang ngajak kami ketemuan di Khaosan, namanya Ramadhana, doi dari Aceh. Sempet ngobrol-ngobrol bentar sama dia, ternyata doi sendirian aja ke Thailand.

Ulat sagu, ulat daun, belalang, jangkring, kumbang, kecoa madagascar, kalajengking
Jam 12 malem kami pulang ke hotel, jalan kaki aja, kan deket, lagian udah ga ujan. Gue mulai ngerasain ada yang aneh nih. Tangan, punggung sama leher berasa panas-panas gatel. Gue sih mikirnya gara-gara belom mandi dan keringetan gara-gara jalan seharian. Sampe hotel langsung mandi deh. Seger, tapi masih gatel, malah bentol-bentol. Ini sih bukan gara-gara keringetan, kayaknya gue alergi gara-gara abis makan lebih dari 5 ekor jangkrik goreng tadi -______- ga pake lama gue ngolesin kayu putih sama freshcare ke tangan, perut, paha, sekitar leher sampe tengkuk. Wuah panas bener, tapi enakan, ga gatel lagi, terus tidur deh. Tiba-tiba jam setengah 2 pagi, bagian yang gatel tadi berasa panas banget, nyut-nyutan! Ternyata bentolnya udah nyebar aja sebadan-badan, jari tangan sama muka gue malah sampe bengkak, jari susah banget digerakin, muka berasa ketarik, mau ngedip aja susah. Harusnya gue cuma makan satu atau dua biji doang nih tadi, malah ngabisin hampir sepuluh. Haduh...gue bangunin Rendy sama Uyung dengan keadaan muka yang udah merah banget. Rendy nemenin gue cari drug store yang masih buka, akhirnya nemu di Khaosan. Beli obat gatel deh disana. Gara-gara gue alergi, rencana besok ke Pattaya dibatalin. Nyesel sih, cuma mau gimana lagi. Pengalaman emang mahal ya? Jadi tips aja deh, kalo mau cobain makanan aneh-aneh disana mending jangan banyak-banyak, dikit aja, yang penting udah nyoba dan ga penasaran lagi.






1 comment:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapYRO
    Find your way around the casino, communitykhabar find 출장샵 where everything is located wooricasinos.info with 1xbet app the most up-to-date information about Harrah's Cherokee Casino & Hotel in Cherokee, worrione NC.

    ReplyDelete