Friday, April 25, 2014

Masuk Lorong Waktu di Jogja

Hello there, the Angel from my nightmare...
Ahahahaha becanda coy becanda.
Sekarang gue pengen sedikit berbagi cerita soal pengalaman jalan-jalan ke Jogja kemaren.

Urusan skripsi dengan dosen pembimbing yang punya tingkat kesibukan tinggi dan sering keluar kota kadang emang berpotensi bikin kita stress. Diem di kostan bikin galau, main ke mall udah bosen, enaknya ngapain lagi ya? *Triing* Tiba-tiba gue dapet ide buat take a little escape to Jogja. Jalan-jalan di sepanjang Malioboro sampe komplek Taman Budaya kayaknya seru, selama tinggal di Solo belom pernah juga gue main ke Museum-museum di Jogja situ. Tapi...kalo jalannya cuma sendirian bakal krik banget ga sih? Gue butuh partner, akhirnya gue whatsapp si Gita, temen kostan gue. Dia mau diajak jalan, kami sepakat buat berangkat naik kereta Sriwedari non-AC jam 10.10 dari Solo ke Jogja, terus pulangnya naik Sriwedari AC jam 17.45. Yay!

Jumat, 25 April 2014
Gue janjian berangkat jam 09.00 sama Gita, biar bisa sarapan dulu sebelum berangkat ke Jogja. Tempat sarapan yang paling enak dan lokasinya deket stasiun ya apalagi kalo bukan Selat Vien's. Gue pesen selat iga sama es teh (just so you know, itu baru jam 09.15 tapi panasnya udah kayak jam 12.00, ewww apa kabar panasnya Jogja?). Semuanya 11.000 aja, perut kenyang hati senang. Selesai makan kami langsung ke Solo Balapan, beli tiket 6.000 perorang. Asiikkk, masih dapet tempat duduk, at least ga cape-cape berdiri dan bisa ngumpulin tenaga buat jalan kaki ntar di Jogja wahahahah!

*Perjalanan ke Jogja*

Jam 11.30 kami sampe di Stasiun Yogyakarta a.k.a Stasiun Tugu. Dari situ udah gampang banget kalo mau ke Malioboro, tinggal jalan kaki keluar stasiun, terus nyebrang, langsung deh masuk di kawasan Malioboro. Tujuan pertama mau makan eskrim dulu, cocok lah di cuaca yang sepanas ini makan eskrim. Kami jalan ke Artemy Italian Ice Cream and Coffee, persis sebelum Malioboro Mal kalo dari arah stasiun, masuk gang dikit ke arah Hotel Ibis. Gue pesen cookies ice cream, kalo beli pake cup ga kena tambahan harga, pake cone harus tambah 3.500, gue beli pake cone.



Selesai makan eskrim, langsung jalan lagi, mau ke Benteng Vredeburg. Terakhir gue kesitu mungkin taun 2009 atau 2010, waktu itu ada renovasi di beberapa bagian dan masih biasa banget. Gue agak terkagum-kagum sebenernya waktu masuk kesana lagi kemaren. Man, itu museumnya keren banget! Ada banyak diorama, full AC, banyak layar dengan teknologi touchscreen yang bisa kita pake kalo mau tau tentang sejarah jaman penjajahan dulu. Beyond awesome! Wisatawan lokal harus bayar tiket 2.000 perorang. Cuma 2.000! Ga nyesel. Benteng Vredeburg juga jauh lebih cantik sih menurut gue. Siapapun yang bikin Vredeburg jadi begini, terima kasih!

Masuk Benteng Vredeburg disambut sama dua patung ini.
Ini diorama tentang pembentukan Budi Utomo kalo ga salah.
Diorama Tugu Jogja tempo dulu.
Stasiun Jogja tempo dulu juga.
Mesin cetak Heidelberg asli Jerman, jadul banget, dulu buat nyetak koran.
Ini kalo ga salah sih ngegambarin suasana jaman penjajahan dulu.
Yeah me, just took a self picture :p
Ini di Diorama 3, adeeemm.
Masih di Diorama 3, Diorama paling cool!
Gita's happy face.
Gerbang belakang Benteng Vredeburg, tembus ke Taman Pintar & Taman Budaya.
Puas muter-muter di Vredeburg, kami jalan keluar lewat benteng belakang, mau ke Museum Anak Kolong Tangga yang ada di lantai 2 Taman Budaya Jogja. Gue udah googling sebelumnya ada apa aja di Museum Anak Kolong Tangga (MAKT). Katanya disana ada beribu-ribu koleksi mainan anak-anak tempo dulu yang dipajang bergantian, jadi ga semuanya dipajang. Pendirinya orang Belgia. Penasaran banget. Akhirnya sampe juga, tiket masuknya 4.000 perorang, tapi kalo mau motret harus bayar lagi 5.000. Sebenernya, MAKT ini ga telalu besar, malah cenderung sempit menurut gue, tapi apa yang ada di dalemnya tuh luar biasa berharga, lumayan bisa nginget-nginget mainan jaman dulu, jadi tau juga mainan jadul di negara lain kayak gimana. Di MAKT ga ada AC ya, cuma ada beberapa kipas angin yang dipasang di dinding. MAKT nyaris sepi, mungkin gara-gara gue kesana hari Jumat kali. Selain ada mainan, disana ada satu papan setinggi 170cm mungkin, disana ditempel kertas-kertas ulangan anak-anak SD gitu. How cute. This place brought my childhood memories back, kayak mesin waktu.

Ini dia Mesin Waktunya.
Salah satu mainan ini dari Afrika kalo ga salah, gue juga lupa :|
Meja belajar jadul.
Our childhood legend, Budi. Everybody knows him :D
So 90s!
Jaman kecil pasti punya beginian.
Meja di sekolah.
Another legend, Gareng and Petruk :)
90s toys!
Next destination adalah Taman Pintar, mumpung udah sampe sanam tanggung kalo ga sekalian ke Taman Pintar. Berasa jadi anak sekolahan yang lagi study tour hahahah. Dari MAKT tinggal jalan dikit buat sampe ke Taman Pintar. Jadi, lokasi Museum Benteng Vredeburg, Taman Pintar dan MAKT ini deket-deketan banget. Makanya bisa sekalian main kemana-mana. Tiket masuk yang sangat bersahabat juga ga bakal bikin kantong kering, yang ada malah seneng. Kita semua udah tau lah ya ada apa aja di taman pintar. Ada dua gedung disana, gedung Memorabilia sama gedung yang isinya apapun tentang IPA. Tiketnya untuk dewasa 18.000. Gedung pertama yang harus dimasukin adalah gedung Memorabilia, ini isinya tentang sejarah gitu, anggep aja ini gedung IPS. Ada patung-patung, foto sama barang koleksi presiden, dan lain-lain. Adem juga disana. Jadi makin asik deh muter-muternya hehehe.

Gita and her boyfriend.
Watchout!
Ada banyak foto-foto pahlawan disana, ini cuma salah duanya :))
Abis itu kami jalan ke gedung IPA, disana banyak banget benda-benda yang berhubungan sama fisika, kimia dan teman-temannya. Pertama masuk disambut sama ikan-ikan di aquarium ala Seaworld. Sayangnya, air aquariumnya butek banget, ga biru. Mungkin jarang dibersihin, koleksi ikannya lebih dari 10 sih sepertinya, ga terlalu merhatiin gara-gara airnya butek. Jalan lagi  ke dalem ceritanya kami diajak balik ke jaman pra-sejarah, ada dinosaurus sama patung manusia purba. Masuk lagi ke bagian yang lebih Fisika dan Kimia, ada percobaan ini-itu, dateng aja ke mbak-mbak atau mas-masnya, dengan senang hati mereka bakal nunjukkin percobaan-percobaan disana. Gue sama Gita sempet nyobain alat simulasi gempa, lumayan seru, bikin parno juga dikit. Naik lagi, masih banyak percobaan. Gue sempet nyobain alat yang bisa ngalirin listrik statis ke dalem badan manusia, efeknya rambut gue jadi berdiri macem landak ahahahah. Taman pintar luas banget dan banyak bagian-bagiannya, banyak teknologi game masa kini pula. Bayar tiket 18.000 ga rugi sama sekali pokoknya. 15.30 gue sama Gita keluar dari Taman pintar. Berhubung udah laper banget kami cari makan dulu sebelum pulang. Akhirnya mutusin makan di Hokben Malioboro Mal. Ternyata lagi ada promo buat Favorite Set-nya gara-gara Hokben lagi ulang taun yang ke-29. Lumayan, harga biasanya 39.000, kemaren dikorting 10.000 ahahahah.

Dino!
I'm going to pet them.
Zona Manusia Purba, they said.
Gita played the race game.
Take a look to my incredible hair, excuse my face.
Kaki udah mulai pegel jalan kesana-kemari. 16.45 kami jalan ke stasiun. Ternyata ga kebagian kursi, cuma sisa tiket buat berdiri, yasudahlah daripada pulang kemaleman akhirnya tetep beli tiket Sriwedari AC yang jam 17.45, harganya 10.000 perorang. Keretanya udah parkir cantik banget di rel, kami langsung masuk aja terus duduk-duduk disitu sambil nunggu kereta berangkat. See you again next time, Jogja!

Sarapan selat iga & es teh @11.000
Parkir motor di Solo Balapan @2.000
Tiket Sriwedari non-AC Solo-Jogja @6.000
Es krim di Artemy @16.500
Aqua 600ml @4.000
Tiket masuk Museum Benteng Vredeburg @2.000
Tiket masuk Museum Anak Kolong Tangga + foto + katalog @4.000 + 5.000 + 3.000
Tiket masuk Taman Pintar @18.000 
Makan di Hokben @29.000
Tiket Sriwedari AC Jogja-Solo @10.000

PS: Museum Benteng Vredeburg, Museum Anak Kolong Tangga (Senin tutup) & Taman Pintar buka sampe jam 16.00.


No comments:

Post a Comment